Buscar

Memuat...

Jenis-jenis Pembukaan Feature


1. Pembukaan feature pertanyaan

Kuliah Nyaman di PSPBSI
            Apakah anda merasa nyaman kuliah di kampus PSPBSI FKIP Unri? Jawabannya “ya” jika anda adalah Mahasiswa yang jujur dan rajin. PSPBSI kini mulai mengadakan pembenahan-pembenahan di segala bidang. Mulai dari segifisik bangunannya, kebersihan halaman, WC, ketertiban parker kendaraan, bahkan sarana dan prasarana mahasiswa dalam belajar. Semuanya menciptakan kenyamanan. Tetapi jika anda tergolong mahasiswa yang malas, segala perubahan positif itu tidak akan memberikan dampak yang berarti bagi motifasi belajar anda. Perpustakaan tidak akan menjadi pilihan anda untuk mengisi waktu luang. Anda lebih memilih nongkrong di simpang jalan daripada harus kuliah dan membaca buku di taman bacaan yang dikelilingi bunga-bunga indah itu.

2. Pembukaan feature anekdot atau lelucon

Feisal Tamin diusir Satpam
            Siang itu Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Feisal Tamin, harus rela diusir petugas satpam  di kantornya sendiri karena ia mengendarai mobil Kijang ke kantornya. Tindakan ini diambil dalam rangka pengiritan keuangan Negara. Ketika melihat ruang parker Sang Menteri yang biasanya diisi dengan mobil dinas Volvo mulus tiba-tiba nyelonong Kijang, kontan saja satpam pun “menyempritnya”, melarang parker. Sang Menteri pun terkejut. Tetapi ketika menyadari siapa yang turun dari mobil, giliran satpam yang kaget dan langsung minta maaf.

3. Pembukaan feature mendeskripsikan situasi atau objek

Unri Expo Menyita Perhatian
            Halaman Rektorat Unri Panam sesak oleh pengunjung. Mereka tampak antusias menyaksikan Unri Expo yang digelar pada 20-25 Oktober 2008. ini adalah acara yang cukup bergengsi dan penuh kreatifitas yang tinggi. Padatnya pengunjung terlihat dari jumlah kendaraan yang memadati halaman depan Rektorat. Mulai dari roda dua sampai roda empat. Karena tidak cukup lagi, maka halaman samping juga dijadikan tempat parker. Setiap hari ada dialog terbuka antara siswa, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat dengan Rektor Unri. Para siswa unjuk kebolehan dengan bermain band, puisi, menari, dan teater. Setiap stand fakultas dihias seindah mungkin, memamerkan kreatifitas mereka. Ada berbagai jenis sayuran dari Faperta, berbagai macam ikan dari Faperika, dan tidak kalah menarik dari Stand Kedokteran yang menyediakan pelayanan periksa darah, berat badan dan tinggi badan secara gratis.

4. Pembukaan feature statement (pernyataan yang kontras)

Pesantren Melahirkan Pengusaha
            Pada era globalisasi seperti saat ini, Pesantren tidak lagi hanya identik dengan peci, sarung, dan kitab-kitab kuno. Lulusan pesantren tidak hanya dituntut untuk pandai mengaji, menjadi Ustadz dan memenuhi kebutuhan akhirat saja. Melalui perkembangan ilmu pengetahan dan teknologi, kini sudah banyak Pesantren modern yang membekali para santrinya dengan berbagai pengetahuan baru. Mereka diperkenalkan dengan computer, internet, hukum, ilmu perdagangan, wirausaha, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar kelak dapat menjadi pengusaha yang mengerti dan menjalankan hukum agama sehingga mereka tidak menghalalkan segala cara hanya untuk kepentingan dan kemajuan usahanya saja.








0 komentar:

Poskan Komentar